Jumat, 03 Desember 2010

Mengobati Sakit Mata dan Batuk Dengan Bawang Merah

Tadi pagi mata saya perih banget, awalnya sih saya cuekin aja. Eh lama kelamaan malah makin perih dan menjurus kerasa gatal dan jari-jari tangan ini rasanya gak mau berhenti buat mengucek-nguceknya. Saya langsung teringat dengan kondisi adik saya yang baru terserang penyakit mata beberapa hari lalu, kasian dia sampai bengkak matanya dan nyaris gak bisa dibuka kelopaknya.
Begitu juga dengan tetangga-tetangga saya, pekan ini rupanya penyakit mata sedang mewabah ke kampung kami. Gak anak kecil, gak orang dewasa, banyak mata mereka pada merah akibat iritasi yang ditimbulkan oleh penyakit mata. Dan hiburan tersendiri deh dikampung saya sepekan ini menyaksikan sebagian dari orang dewasa kalo keluar rumah mereka selalu menggunakan kaca mata hitam gak peduli walau cuaca saat itu lagi mendung.. kirain pengen eksyen.. eh gak taunya pada sakit mata. Memang sakit mata itu bikin nyebelin, satu aja orang didekat kita kena, langsung cepet deh tu virus menyerang yang lainnya.
Nah, sebelum mata saya bertambah parah sakitnya, saya harus ambil tindakan untuk mengantisipasinya. Saya ingat resep bawang merah yang pernah diceritakan teman kuliah dulu. Langsung saja saya obrak-abrik tempat rempah-rempah di dapur, caranya :
Ambil satu siung bawang merah lalu iris / potong bagian bawahnya, kemudian sayat-sayat atau cacah bagian bawah bawang merah yang sudah diiris tadi, kemudian sapukan bawang merah yang sudah dicacah tadi pada bawah kelopak mata yang terkena iritasi atau radang, dan selama itu mata janganlah dipejamkan, biarkan air sari bawang tadi menguap kearah bola mata. Memang akan terasa sangat pedas dan perih, lakukan berulang-ulang sampai mengeluarkan air mata. Insya Allah gak lama kemudian mata akan terasa normal kembali, itu yang saya alami tadi pagi.
Dan ternyata selain bisa buat obat penyakit mata, bawang merah juga berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit batuk yang akut. Baik itu batuk berdahak ataupun batuk yang kering. Ini adalah pengalaman pribadi, saat itu saya masih duduk dibangku SMP, gak sengaja saya pernah membaca rubrik tentang herbal disuatu majalah, dan disitu ada mengulas tentang bawang merah sebagai obat batuk akut. Kebetulan saat itu Almarhum ayah saya mengalami batuk yang gak sembuh-sembuh dan setelah meminum ramuan dari bawang ini, Alhamdulillah Almarhum ayah saya sembuh dari penyakit batuknya.
Langsung saja saya berikan resepnya deh, begini :
ambil 7 sampai 9 siung bawang merah, dikupas kulitnya. Kemudian tusukkan satu persatu layaknya menusuk daging pada bilah lidi untuk dijadikan sate. Panggang diatas bara api hingga sate bawang mengeluarkan bulir-bulir semacam kristal. Angkat dan lepaskan bawang dari tusuk sate tersebut. Kemudian tumbuh bawang-bawang yang telah dipanggng tadi hingga hancur. Setelah itu rebus bawang yang telah hancur tadi dengan 2 gelas air hingga mendidih, saring airnya dan selagi hangat minumkan langsung ke penderita. Dosis ini untuk sekali minum, bila ingin meminumkannya lagi, maka buatlah kembali resep ini semula.
mudah-mudahan bermanfaat !
http://fadhilanwar.blogspot.com/2010/06/mengobati-sakit-mata-dan-batuk-dengan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan Berkomentar Jika Isi Artikel Ini Bermanfaat Untuk Sobat, Terima Kasih Dan Salam Blogger Mania......