Senin, 08 November 2010

CARA MENGENDALIKAN TEKANAN DARAH



Belakangan masyarakat barat mengklaim bahwa jus anggur berikut bijinya bisa digunakan sebagai jamu untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Dan pada umumnya, buah dan sayur memang bisa memberi khasiat seperti obat hipertensi. Rahasianya, karena buah dan sayur mengandung kalium yang bersifat diuretic. Buah dan sayur yang dipercaya bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi itu adalah :

BELIMBING MANIS
Universitas Sains Malaysia pernah melakukan penelitian untuk melihat manfaat buah yang bernama latin Averrhoa carambola linn ini pada beberapa orang. Ternyata, buah ini dapat menurunkan tekanan darah. Hanya saja, mereka tidak sampai meneliti kandungan yang membuat buah ini dapat menurunkan tekanan darah.
Perkiraan para ahli, kemungkinan kerana buah ini mengandung banyak serat yang mampu menyerap lemah tubuh lalu berdampak penurunan tekanan darah. Bisa juga karena kandungan airnya yang tinggi dan mengandung kalium yang membuat buah ini bersifat diuretic. Yang pasti belimbing punya banyak jurus untuk memerangi tekanan darah.

SELEDRI
Dr. William J. Elliot, farmakolog dari fakultas Kedokteran, Universitas Chicago berhasil mengisolasi senyawa pada seledri yang dapat menurunkan tekanan darah. Senyawa itu adalah 3-n-butyphththalida yang memberi aroma harum. Elliot memperkirakan, seledri membantu menurunkan tekanan darah karena mampu menekan konsentrasi hormone stres sehingga pembuluh darah kembali melebar.
Ahli lain melihat, kemampuan seledri membantu menurunkan tekanan darah berkat senyawa aktif apigenin yang mirip calcium antagonist seperti yang terdapat pada obat hipertensi. Senyawa ini bersifat diuretic.
Bila hendak menggunakan seledri untuk membantu menurunkan tekanan darah. Ambil seluruh bagian tanaman lalu cuci bersih dan rebus dengan air. Minum air rebusannya beberapa kali sehari. Cara lain, buatlah seledri atau membuat tumisan.

MENTIMUN
Buah ini mengandung fosfor, kalium, magnesium, vitamin A, C, E, betakoren, dan asam folat. Universitas Airlangga dan juga Universitas Kristen Maranatha pernah melakukan penelitian terhadap mentimun. Dari penelitian mereka, terbukti jus mentimun dapat menurunkan tekanan darah, baik pada manusia maupun pada hewan percobaan.
Mau mencoba mentimun? Caranya sangat gampang, bisa dimakan begitu saja setelah menghilangkan rasa pahitnya dengan memotong kedua ujungnya lalu menggosok-gosoknya hingga keluar lender. Dijadikan teman lalapan, dimasak ataupun dijus. Sebaiknya, saat makan mmentimun jangan dikupas kulitnya karena serat kasarnya dapat membantu menurunkan berat badan.

ANGGUR
Berita paling mutakir yang cukup mengejutkan adalah bahwa ekstrak biji anggur ternyata sangat membantu untuk menurunkan hipertensi.
Biji anggur menurut Prof. C. Tissa Kappagoda, sang penemu efek biji anggur untuk menurunkan tekanan darah tinggi, bukan berarti kita harus menelan biji anggur bulat-bulat, tapi diekstrak. Jadi, bila membuat jus anggur, sertakan bijinya dan haluskan hingga benar-benar hancur. Atau kalau tak mau repot, beli saja jus anggur yang belakangan ini sudah disertakan bijinya.
Diperkirakan efek menurunkan tekanan darah pada ekstrak biji anggur berkat senyawa polifenolnya yang dapat melebarkan pembuluh darah sehingga aliran darah lancar dan tekanan darah membaik. Selain itu, kandungan vitamin E, plavanoid, asam linoleat dan prosianidin juga diperkirakan ikut membantu menyeimbangkan tekanan darah.

BAWANG PUTIH
Dr. V. Petkov dari Bulgaria pernah melakukan penelitian manfaat bawang putih pada penderita hipertensi. Ternyata, setelah diberi bawang putih, tekanan sistonik mereka turun 20-30 poin, sedangkan diastoliknya turun10-20 poin. Diperkirakan, kemampuan umbi bawang putih dalam membantu menurunkan tekanan darah akibat kandungan alisin yang melenturkan pembuluh darah. Tapi peneliti dari Universitas George Washington melihat senyawa adenosinlah yang melenturkan pembuluh darah. Ditambah lagi, umbi ini juga mengandung prostaglandin dan vitamin E yang berefek menurunkan tekanan darah. Bila anda ingin mencoba khasiatnya tapi tak kuat dengan baunya, masukan saja lumatan bawang putih dalam kapsul dan masukkan dalam mulut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan Berkomentar Jika Isi Artikel Ini Bermanfaat Untuk Sobat, Terima Kasih Dan Salam Blogger Mania......